Uncategorized

Pengantar dan Struktur Bahasa C++

Yoo Sobat coders yang berbahagiaa!!

meski mimin lagi gk bahagia nih T_T,. walaupun mimin gk lagi bahagia kalau sobat blogger bahagia mimin juga ikut bahagia juga kok!!,. ciee mimin hehe,,.

yo langsung aja ya sobat coders,,.

1#  Pengantar C++

C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di laboratorium Bell pada awal tahun 1980-an, sebagai pengembangan dari bahasa C dan Simula. Saat ini, C++ merupakan salah satu bahasa yang paling populer untuk pengembangan software berbasis OOP. Kompiler untuk C++ telah banyak beredar di pasaran. Software developer yang paling diminati adalah Borland Inc. dan Microsoft Corp. Produk dari Borland untuk kompiler C++ adalah Turbo C++, Borland C++, Borland C++ Builder. Sedangkan dari Microsoft adalah Ms. Visual C++. Walaupun banyak kompiler yang tersedia, namun pada intinya bahasa pemrograman yang dipakai adalah C++. Sebelum mulai melakukan kode program, sebaiknya diingat bahwa C++ bersifat case sensitive”, yang artinya huruf besar dan huruf kecil dibedakan. 


2# STRUKTUR BAHASA C++


Cara terbaik untuk balajar bahasa pemrograman adalah dengan langsung mempraktikannya. Cobalah contoh program berikut :


//program pertamaku
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{
cout<<"Selamat belajar C++n";
getch();
};


Ketika di-run, maka di layar akan muncul sebuah tulisan “Selamat Belajar C++”. Contoh di atas, adalah sebuah contoh program sederhana menggunakan C++. Namun, penggalan program tersebut telah menyertakan sintak-sintak dasar bahasa C++. Sintak dasar tersebut, akan dibahas satu per satu:


// program pertamaku


merupakan sebuah baris komentar. Semua baris, yang ditandai dengan dua buah tanda slash (//), akan dianggap sebagai baris komentar dan tidak akan berpengaruh pada hasil. Biasanya, baris komentar dipakai oleh programer untuk memberikan penjelasan tentang program. Baris komentar dalam C++, selain ditandai dengan (//) juga dapat ditandai dengan (/*….*/)
Perbedaan mendasar dari keduanya adalah :


// baris komentar
/* blok komentar */


#include <iostream.h> 
#include <conio.h>


pernyataan yang diawali dengan tanda (#) merupakan pernyataan untuk menyertakan preprocessor. Pernyataan ini bukan untuk dieksekusi.

#include<iostream.h> berarti memerintahkan kompiler untuk menyertakan file header iostream.h. Dalam file header ini, terdapat beberapa fungsi standar yang dipakai dalam proses input dan output. Seperti misalnya perintah cout yang dipakai dalam program utama.


void main () baris ini menandai dimulainya kompiler akan mengeksekusi program. Atau dengan kata lain, pernyataan main sebagai penanda program utama. Adalah suatu keharusan, dimana sebuah program yang ditulis dalam bahasa C++ memiliki sebuahmain. main diikuti oleh sebuah tanda kurung () karena main merupakan sebuah fungsi.

Dalam bahasa C++ sebuah fungsi harus diikuti dengan tanda (), yang nantinya dapat berisi argumen. Dan sintak formalnya, sebuah fungsi dimulai dengan tanda {}, seperti dalam contoh program.

cout << “Selamat Belajar C++”;

perintah ini merupakan hal yang akan dieksekusi oleh compiler dan merupakan perintah yang akan dikerjakan. cout termasuk dalam file iostream. cout merupakan perintah untuk menampilkan ke layer. Perlu diingat, bahwa setiap pernyataan dalam C++ harus diakhiri dengan tanda semicolon (;) untuk memisahkan antara pernyataan satu dengan pernyataan lainnya. 


getch();
pernyataan getch adalah fungsi untuk menunggu input dari keyboard. Sehingga program menjadi berhenti sementara.

Sekian dari mimin yang mau komentar silahkan,tapi yang sopan ya sobat blogger..

Terimakasih.

Asep Marzuki

Seorang yang terus belajar karena rasa keingintahuan yang tingi, memegang teguh prinsip kehidupan padi, semakin berisi semakin rendah hati

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close