Uncategorized

Yuk berkenalan dengan HTML

gambar : google image

hai hai code lovers….

ada yang mau kenalan sama HTML ?
atau sudah lama kenalan dengan bahasa program yang satu ini ?

yang belum tau, yuk kenalan…. 🙂

HMTL memang tidak akan pernah dilupakan dalam bahasa pemrograman, baik oleh pemula awam ataupun  yang sudah expert, HTML merupakan pemrograman berbasis Client Side

baca juga : Perbedaan pemrograman client side dan server side

#1 Pengertian Html
Menurut Wikipedia, HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language adalah sebuah Bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi  didalam sebuah penjelajah web internet dan pemformatan hipertaks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintergasi.
Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
#2 Sejarah HTML
Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext” dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.
Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut “Tanda HTML”, pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991. Tanda ini menggambarkan 18 elemen awal mula, versi sederhana dari HTML. Kecuali untuk tag hyperlink, yang sangat dipengaruhi oleh SGMLguid, in-house Standard Generalized Markup Language (SGML) berbasis format dokumen di CERN. Sebelas elemen ini masih ada di HTML 4.
HTML adalah bahasa markah yang digunakan peramban untuk menafsirkan dan menulis teks, gambar dan bahan lainnya ke dalam halaman web secara visual maupun suara. Karakteristik dasar untuk setiap item dari markah HTML didefinisikan di dalam peramban, dan karakteristik ini dapat diubah atau ditingkatkan dengan menggunakan tambahan halaman web desainer CSS. Banyak elemen teks ditemukan di laporan teknis ISO pada tahun 1988 TR 9537 Teknik untuk menggunakan SGML, yang pada gilirannya meliputi fitur bahasa format teks awal seperti yang digunakan oleh komandan RUNOFF dikembangkan pada awal 1960-an untuk sistem operasi: perintah-perintah format ini berasal dari perintah yang digunakan oleh pengetik untuk memformat dokumen CTSS secara manual. Namun, konsep SGML dari markah umum didasarkan pada unsur-unsur daripada hanya efek cetak, dengan pemisahan struktur dan markah juga; HTML telah semakin bergerak ke arah ini dengan CSS.
#3 Kegunaan
Dokumen HTML mirip dengan dokumen tulisan biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah tulisan bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contohnya, kita dapat membuat sebuah paragraph dengan TAG
deskripsi
menampilkan tulisan miring dengan TAG TULISAN ITALIC¸dan masih banyak lagi kegunaan dari HTML.
#4 Tanda
Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML :
  • Struktural. Tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh,akan memerintahkan peramban untuk menampilkan “Golf” sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1
  • Presentasional. Tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh, boldface akan menampilkan bold. Tanda presentasional saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan tulisan,
  • Hiperteks. Tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh, Wikipedia akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
  • Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (

#5 Perkembangan HTML
dari masa ke masa, HTML terus berkembang seiring perkembangan zaman. Dimulai dari HTML v.1 sampai dengan sekarang HTML5. Berikut ini rincian perkembangan HTML yang saya dapatkan dari website Codepolitan :
Versi
Tahun

Tim Berners-Lee invented www
1989
Tim Berners-Lee invented HTML
1991
Dave Raggett drafted HTML+
1993
HTML Working Group defined HTML 2.0
1995
W3C Recommended HTML 3.2
1997
W3C Recommended HTML 4.01
1999
W3C Recommended XHTML 1.0
2000
HTML5 WHATWG First Public Draft
2008
HTML5 WHATWG Living Standard
2012
HTML5 W3C Final Recommendation
2014
HTML Versi 1.0 HTML versi ini merupakan versi pertama sejak lahirnya Bahasa HTML pada tahun 1980 oleh seorang ahli fisika Tim Berners Lee yang memiliki kemampuan untuk heading, paragraph, hypertext, manipulasi text (bold & italic) serta memiliki hubungan terhadap penggunaan sebuah gambar.
HTML Versi 2.0 versi ini masih membawa fitur sebelumnya versi 1.0 dengan bebrapa tambahan fitur baru yaitu dengan kemampuan membuat form. HTML versi ini mulai dikembangkan pada tanggal 14 Januari 1995-1996 . Dari versi inilah, HTML menjadi awal mula adanya website interaktif.
HTML Versi 3.0 HTML versi ini lahir pada tanggal 18 Desember 1997 yang dikenal dengan HTML+. Setiap ganti versi sudah pasti adanya perkembangan dengan fitur barunya. Dimana, salah satu dari fitur ini adalah dapat membuat table. Namun, saying sekali versi ini tidak bertahan lama karena terdapat permasalahan seperti diantanya perang antara browser.
HTML Versi 3.2
Versi ini dilahirkan sebagai pengganti dari versi 3.0 karena permasalah perang antar browser. Untuk menghentikan perang itu, aka dibentuklah suatu organisasi yang menangani standar HTML yang bernama World Wide  Web  Consortium (W3C).
HTML Versi 4.0 Dengan hadirnya W3C sebagai standarisasi HTML, perang browser terhenti. HTML versi ini lahir pada tanggal 24 Desember 1999 dengan penambahan beberapa fitur lagi seperti adanya link, image, text, imagemaps & lain-lain sebagai penyempurna dari HTML versi 3.2.
HTML Versi 5.0 HTML versi ini dikenal dengan HTML5 yang lahir pada tahun 2008 yang menjadi standar baru untuk HTML, XHTML, & DOM HTML. HTML ini merupakan versi terbaru dari HTML saat ini. Dan tentunya banyak sekali perkembangan tag baru seperti diantaranya
Ada tiga macam link yang dapat digunakan dalam HTML, antara lain:
  • Link menuju bagian lain dari page.
  • Link menuju page lain dalam satu web site.
  • Link menuju resource atau web site yang berbeda
#6 Contoh struktur datar HTML 5


#1 <!DOCTYPE html>
<html lang="en">
#2 <head>
<meta charset="UTF-8">
#3 <title>Pengenalan HTML</title>
</head
#4 <body>
<p><i>Hello world</i></p>
</body>
</html>


#7 Penjelaan Tag-tag HTML 

#1 merupakan tanda awal dan akhir dari file HTML.
#2 merupakan suatu tag yang berisi informasi seperti title dan jenis dokumen.
#3 merupakan tag yang berfungsi untuk judul halaman Website.
#4 merupakan tag untuk konten website (isi dari dokumen HTML) seperti konten teks, header, footer, navigasi, menu bar yang nantinya ditampilkan pada browser.

Sekian dulu ya code lovers kenalannya,
see you next time 😁

jangan lupa komen dan sharenya di bawah

Asep Marzuki

Seorang yang terus belajar karena rasa keingintahuan yang tingi, memegang teguh prinsip kehidupan padi, semakin berisi semakin rendah hati

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close